Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

Kelebihan Jaringan 5G
Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

Kelebihan dan kekurangan Jaringan 5G – Seiring kemajuan teknologi, pelanggan telah melihat beberapa generasi teknologi data muncul dalam beberapa tahun terakhir. Dimulai dengan 3G, kemudian berkembang menjadi 4G LTE, dan sekarang orang mulai mendengar tentang versi 5G. Apa kelebihan dan kekurangan teknologi 5G dari segi smartphone dan perangkat pintar lainnya?

Saat ini sedang gencar gencarnya persiapan penerapan teknologi 5G di Indonesia. Tidak hanya di mulai dari regulasinya teteapi juga pemerintah sudah melakukan lelang terhadap operator yang berhak untuk beroperasi di pita ini.

Keuntungan 5G

Pada dasarnya, perbedaan antara jaringan 4G dan 5G adalah kecepatan internetnya. Jaringan 5G tentunya lebih cepat dari 4G. Jaringan 4G dapat mencapai kecepatan hingga 100 Mbps dan itu adalah kecepatan tinggi. Dengan kecepatan itu, kita bisa mendownload film 5 GB hanya dalam waktu 5 menit. Jaringan 5G juga menawarkan bandwidth yang lebih lebar, yang berarti kecepatannya tidak akan berkurang meski Anda berada di keramaian.

Sebagai gambaran, bandwidth dapat digambarkan sebagai ruang yang tersedia yang dapat digunakan untuk mentransfer data seperti mengunduh, mengirim pesan, membuka halaman internet, menonton video streaming, dan lain-lain. Semakin sempit bandwidth maka kecepatan akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna

Jumlah antena yang lebih tinggi memungkinkan jaringan 5G memiliki kecepatan data puncak puluhan kali lebih cepat daripada 4G. Jelas bahwa 5G akan menjadi kemajuan besar yang akan menggantikan teknologi 4G dalam hal kecepatan, yang merupakan kecepatan data terakhir.

Kekurangan Jaringan 5G

Jaringan 5G, semakin tinggi frekuensi yang digunakan dan semakin luas bandwidth yang tersedia, maka akan semakin dekat jangkauan jaringan 5G jika dibandingkan dengan jaringan 4G. Hal ini akan menimbulkan masalah jika digunakan di daerah yang memiliki wilayah yang sangat luas seperti Indonesia.

Semakin luas area, semakin banyak penguat sinyal yang dibutuhkan dari satu titik ke titik lainnya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi biaya operasional yang akan dikeluarkan nantinya. Dan juga tidak banyak perangkat yang dapat digunakan di jaringan 5G, Sama seperti ketika jaringan 4G baru pertama kali muncul, hal pertama yang harus dilakukan untuk menikmati jaringan adalah dengan membeli perangkat yang mendukung jaringan 4G.

Sekarang dengan munculnya jaringan 5G, makalah pertama yang harus diperhatikan adalah masalah perangkat. Tidak banyak perangkat yang mendukung jaringan 5G ini. Dengan berubahnya jaringan 4G ke jaringan 5G, dipastikan semua perangkat pendukung akan berubah. Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan biaya yang tidak murah.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Jaringan 5G, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *