Bagaimana melakukan video streaming itu ya?

live streaming

Kalian pasti sering kan melihat video streaming? Kepikiran nggak bagaimana sih caranya melakukan video streaming seperti itu? kalau kalian tertarik kalian beruntung banget nih karena pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana melakukan video streaming itu. Tapi sebelum lanjut kalian tahu gak sih video streaming itu apa?

Video streaming secara online sangat berkembang pada beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut karena semakin berkembanganya teknologi informasi sehingga semakin banyak masyarakat yang terkoneksi dengan internet. Selain itu perkembangan gadget yang semakin canggih sehingga memungkinkan bagi kita untuk melihat video secara online dengan mudah.

Seiring dengan pandemi pada akhir tahun 2019 dan menjadi global pada tahun 2020, memaksa banyak pihak, baik itu kalangan pebisnis, sekolahan maupun rumah tangga untuk bekerja, belajar dan melakukan banyak aktifitas secara online.

Sebelum kita bahas lebih lanjut. bagi kalian yang belum tahu, video streaming adalah video yang diunggah oleh pihak lain yang dapat kita lihat secara online di internet.  Ada tiga macam video streaming berdasarkan car akita melakukannya:

Pertama, streaming atau penyiaran, pada konteks ini mempunyai arti bahwa video yang kita buat akan kita upload ke video hosting platform. Yang terkenal dan cukup popular saat ini adalah youtube.  Kedua, live Streaming, artinya kita melakukan penyiaran video secara langsung pada saat kita rekam. Biasanya para gamer pro melakukan live streaming pada saat mereka main games tertentu. Platform yang dapat kita gunakan untuk live streaming adalah facebook dan youtube. Ketiga atau yang terakhir adalah Video on Demand (VOD),

Mengapa Video Streaming di Tahun 2021 menjadi penting?

Beberapa lasan mengapa video streaming menjadi sangat penting saat ini, karena beberapa hal berikut ;

  1. Televisi, menjadi kurang penting, hanya sekitar 42 persen dari populasi yang melihat TV secara Live.
  2. Pada saat orang jarang untuk melihat TV dan cenderung turun jam tontonya tiap tahun, maka video streming jumlah penonton jam tayangnya semakin naik.
  3. Kecenderungan orang untuk melihat video secara live berulang ulang melalui rekaman semakin bertambah.

Saat ini semakin banyak orang yang menonton video hiburan secara streaming. Tentu saja hal tersebut juga memberi banyak peluang baru terhadap dunia bisnis dan hiburan.

Perlu diketahui bahwa hampir 92% tenaga marketing mengklaim bahwa video merupakan bagian penting dalam kampanye atau promosi mereka.  Dan hal tersebut juga di amini oleh para konsumen yang lebih suka melihat video dari pada membaca detil spesifikasi produknya di brosur-brosur yang telah disediakan.

Terdapat banyak video yang dapat disaksikan dengan streaming, media yang digunakan untuk menonton juga lebih variatif dan tersedia banyak di internet. Jadi bagaimana ya caranya melakukan video streaming?

Bagaimana melakukan video streaming

  1. Tema dalam video streaming

Untuk memulai membuat video streaming, kalian harus memiliki tema yang menarik dalam video tersebut. Buatlah tema yang sekarang lagi menjadi trend yang ada di kalangan remaja. Tema tersebut kalian catat dan kalian pelajari dengan baik. Jangan sampai ada yang terlewat juga apa yang akan kalian sampaikan

2. Konsep yang dibuat

Kalian bisa membuat video dengan memberikan konsep serius tapi santai, atau dengan bercanda sambal ngelawak atau lainnya. Apapun itu carilah yang unik dan berbeda dari yang lain. Karena video kalian akan lebih dikenal jika kalian memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain

3. Media yang digunakan

Carilah media yang bisa untuk menampung video kalian. Media tersebut yang banyak digunakan oleh orang lain misalnya seperti youtube. Kalian harus sabar juga dalam membangun follower dan penonton di dalamnya. Selain youtube kalian juga bisa melakukan video streaming di instagram

4. Bangun follower

Bagaimana cara membangun follower agar menjadi lebih berkmebang? Follower kalian setiap saat membutuhkan tontonan yang menyenangkan. Maka dari itu, kalian harus membuat video streaming dengan konsisten dan teratur. Kalian harus memaksa meskipun membosankan

Alat-alat yang dibutuhkan untuk video streaming

1. Kamera

Alat pertama yang dibutuhkan untuk melakukan video streaming adalah kamera. Yu bener banget! Kamera adalah alat yang paling penting. Kalo gak ada kamera gimana kak? Kalian bisa juga menggunakan handphone, tapi ingat gunakan handphone dengan kamera yang bagus ya.

Mengapa demikian? Karena untuk menarik minat para penonton, kalian harus memberikan yang terbaik juga. Kalian bisa dengan dibantu teman atau menggunaan tripod untuk membuat video streaming tersebut

2. Lighting

Lighting juga diperlukan saat membuat video streaming. Bagaimana penonton akan tertarik dengan video kalian jika lighting yang digunakan sangat gelap, bahkan terlihat pengap. Tapi boleh juga sih kalau kalian ngobrolin tentang horror hehe. Kalian bisa menggunakan ring lighting untuk menambah pencahayaan yang kalian butuhkan.

3. Background

Beri background sesuai dengan konsep yang telah kalian dapatkan, jadikan background semenarik dan seunik mungkin. Background dapat memberikan kesan tersendiri bagi penonton. Kalian juga bisa menggunakan green screen dan diedit jika tidak memiliki konsep dalam video streaming

4. Mic

Alat terakhir ini yang tidak kalah penting. Alat mikrofon tersebut dapat membuat perkataan kalian lebih jelas dalam video yang akan kalian tampilkan. Kalian dapat menggunakan mikrofon duduk seperti layaknya podcast atau bisa dengan menggunakan mikrofon yang menempel pada baju. Carilah senyaman kalian

Jadi gimana kalian udah dapat alat-alat yang dibutuhkan untuk video streaming kah? Lengkapi sesuai yang direkomendasikan di atas ya gais.. agar penonton yang melihat video streaming kalian merasa nyaman dan pastinya terhibur.

Selain alat alat di atas, maka ada beberapa hal lain yang harus dipersiapakan yaitu ;

  1. Koneksi Internet Yang Memadai

Koneksi internet yang cukup bagus merupakan keharusan Ketika kalian akan melakukan live streaming. Dengan internet kita dapat mengunggah video dan audio ke platform streaming yang kita pilih.

2. Streaming Software

Software streaming juga di butuhkan, karena dengan aplikasi live streaming maka kalian dapat memixer audio dari mic dan video dari kamera. Tidak hanya itu, kita juga dapat melakukan presetting agar kualitas live show kita semakin bagus. Salah satu software streming yang gratis dan bagus adalah OBS studio.

Platform Streaming Pilihan

Saat ini banyak gadget atau gear ataupun peralatan audio video yang bisa direct streaming ke berbagai macam platform dengan menghubungkannya ke internet via wifi. Sebagai contoh, kita bisa melakukan streaming dengan menggunakan smartphone dengan menggunakan platform Youtube maupun Facebook.

Untuk memilih platform yang akan digunakan dalam streaming, ada beberapa hal yang patut kita pertimbangkan. Salah satunya adalah tujuan kita melakukan streaming.  Pada tujuan streaming dapat di bagi menjadi 4 yaitu, creative, gaming, Bisnis, dan ecommerce dan umum.

Platform Streaming Untuk Tujuan Umum.

Jika kalian tidak mempunyai tujuan tertentu dalam membuat streaming maka ada 3 pilihan platform yang kami sarankan. Mereka adalah Youtube Live, Facebook live, dan Twiter Live. Ketiga platform ini merupakan social media dengan banyak pengguna di dunia.

Platform Streaming Untuk Tujuan Gaming.

Perlu kalian ketahui, gaming dan esport merupakan genre terbanyak dalam live streaming. Ada beberapa platform yang didesain khusus untuk streaming gaming dan esport. Mereka adalah Twitch, Facebook Gaming dan Youtube Gaming.

Platform Streaming Untuk Tujuan Kreatif.

Streaming untuk tujuan kreatif, baik itu artist atau creator lainnya maka ada beberapa platform yang bisa kalian gunakan, semisal mixcloud dan Picarto.

Platform Streaming Untuk Tujuan Bisnis.

Akhir akhir ini banyak para pebisnis dan wirausahawan yang melakukan pengenalan produk dan jasa nya melalui streaming. Tentu saja mereka melakukan secara professional. Jika kalian termasuk dalam kategori ini maka platform yang paling cocok adalah Linkedln Live.

Platform Streaming Untuk Tujuan Ecommerce.

Jika kalian seller baik yang mengelola took secara online maupun offline. Live streaming merupakan salah satu peluang untuk menggaet calon kustumer yang efektif. Jika di luar negeri kebanyakan menggunakan Azamon Live, maka jika di Indonesia kalian dapat menggunakan beberapa saluran live yang telah disediakan platform marketplace untuk melkukan live streaming terhadap produk produk yang kalian jual.

Ide dan Contoh Kasus Live Streaming

Untuk memulai live streaming kita perlu menemukan ide yang cocok bagi kita. Ada baiknya kita juga melakukan bedah kasus terhadap live streaming yang sudah ada. Beberapa ide untuk memulai live streaming:

  1. Wawancara secara live dan model pertanyaan dan jawabn (Q&A)

Model wawancara dengan format pertanyaan dn jawaban menjadi hal yang jamak dalam acara live streaming. Tentu saja yang hadir harus public figure dengan follower yang banyak, atau yang sedang naik daun sehingga penontonya juga banyak.

2. Siaran Langsung even tertentu

Even even pernikahan selebritis sering disiarakan secara live bahkan oleh media mainstream, sebenaranya banyak even yang bisa kita jadiakan bahan untuk siarann langsung, sebagai contoh, even perlombaan peringatan HUT RI, dan lain lainnya.

3. Podcast

Akhir akhir ini semakin banyak orang yang mendengarkan podcast. Kalian juga dapat menbuat podcast sendiri untuk menyasar target sesuai bidang keahlian atau bisnis kalian.

4. Peluncuran sebuah produk

Live streaming peluncuran produk sangat lazim digunakan oleh para produsen. Selain berisi produk knowledge juga banyak menebar hadiah lewat live event ini.

5. Dibelakang layar

Banyak orang yang penasaran dengan kehadiran sebuah produk, ataupun film serta program TV lainnya. Sering kali untuk mendongkrak popularitas nya, banyak produser yang membuat acara dibalik layer. Tentu saja tidak hanya memberikan bocoran terkait film atau produk tetapi juga menyisipkan produk knowledge untuk produk atau jasa tertentu.

6. Acara Keagamaan

Banyak acara keagamaan yang disirakan secara live pada saat ini. Tidak khanya karena tidak di izinkan untuk berkerumun karena masih suasana pandemic tetapi juga untuk menjangkau lebih banyak jamaah.

7. Penjualan dan Promo

Live streaming semakin bertambah penontonya bahkan dapat dikatakan sebagai pengganti televisi. Karena bagi viewer, lebih mudah menonton live streaming melalui internet dari ada melalui broadcast televisi. Demikian juga dengan penjualan dan promo semakin banyak yang dilakukan melalui live streaming. Hal ini cukup menarik, selain menjelaskan mengenai produk, ada juga sisi hiburan dan yang tak kalah penting adalah banyak hadiahnya juga.

8. Seminar dan workshop

Jika kalian menjadi host sebuah seminar atau workshopmaka kalian juga dapat melakuka streaming untuk dapa menjangkau lebih banyak audien.

Monetasi Live Streaming

Live streaming dapat di monetasi, tergantung dari platform yang di gunakan. Cara paling mudah untuk menghasilkan uang dari live streaming adalah dengan menggunakan gaming live streaming. Namun anda juga dapat memonitasi live streaming dengan meminta pada subscriber atau viewer anda untuk berdonasi. Nah tinggal pilih mana yang paling cocok.

Tips Agar Sukses Live Streaming

Berikut ini beberapa tips agar live streaming kalian sukses, terutama bagi mereka yang akan memulai live streaming :

  1. Berlatih, agar terlihat percaya diri di depan kamera. Berbicara di depan kamera tanpa kehadiran audien memang berbeda. Tidk semuanya dapat tampil natural dan terlihat bagus. Percayalah, berlatih membuat anda semakin bagus dalam live streaming.
  2. Tambahkan grafik agar live streaming terlihat profesional.
  3. Selalu monitor live streaming kamu
  4. Coba dulu peralatanmu sebelum melakukan live streaming

Gimana nih, udah kepikiran belum dengan video streaming yang akan dibuat? Udah paham kan tentang bagaimana melakukan video streaming itu. Jika kalian telah memulai sesuatu pastikan kalian juga harus meneruskannya hingga akhir ya. Jika merasa lelah letih, berhenti sejenak boleh kok. Jangan menyerah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.