Definisi Jaringan Komputer, Manfaat dan Topologinya

definisi jaringak komputer, manfaat dan topologinya

Definisi Jaringan Komputer adalah adanya dua komputer atau lebih yang saling terhubung dengan tujuan untuk dapat bertukar data. Selain terhubung secara fisik melalui kartu jaringan atau network device, maka sistem jaringan mempunyai peran penting untuk merangkai arsitektur hubungan antar berbagai macam tipe device saling berbagi data elektronik dan pekerjaan.

Ada dua tipe arsitektur ISO Open Systems Interconnection dan IBM’s System Network Architecture. Sedangkan tipe jaringan ada dua yaitu Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network. 

LAN menghubungkan komputer atau devices lainnya dalam area yang terbatas, seperti pada sebuah kantor, sekolah ataupun rumah. Metode menghubungkannya bisa wireless maupun dengan kabel melalui ethernet card atau kartu jaringan. Secara umum LAN biasanya terdiri dari beberapa komputer, printer dan penyimpanan data dengan kapasitas yang cukup besar dan kecepatan akses yang cukup cepat.

LAN sendiri bisa juga terkoneksi ke WAN dengan bantuan bridge atau jembatan. Begitu juga antar LAN juga dapat saling terhubung dengan difasilitasi oleh sebuah Bridge, tentu saja kedua LAN tersebut harus identik sama.

Sedangkan definisi WAN (Wide Area Network) adalah hubungan komputer dengan jaringan yang lebih kecil semacam LAN ke jaringan yang lebih besar lagi dan lebih luas jangkauannya secara geografi termasuk beda benua. Hubungan tersebut bisa melalui kabel, optic, satelit, dan wireless. Contoh jaringan WAN yang terbesar adalah internet, yang menghubungkan banyak jaringan dengan gateway dan milyaran komputer yang tersebar di seluruh benua.

Cara Kerja Jaringan

Untuk memahami cara kerja jaringan maka kita harus tahu terlebih dahulu istilah Node dan Links, karena keduanya merupakan dasar beroperasinya sebuah jaringan komputer. Node bisa dikatakan titik simpul jaringan yang berupa perangkat keras seperti printer, komputer, modem, switch, hub atau data terminal equipment. Sedangkan Ling merujuk pada media yang menghubungkan dua node.

Pada jaringan komputer yang berfungsi, Node harus disertai dengan set aturan protokol tentang bagaimana mengirim dan menerima data melalui link. Pengaturan lebih lanjut tertuang dalam arsitektur jaringan. Di dalamnya terdapat spesifikasi perangkat keras jaringan, prosedur, protokol dan fungsi organisasinya.

Kegunaan Jaringan Komputer

Jaringan komputer mempunyai banyak kegunaan yang sangat penting bagi manusia, terutama untuk jaman sekarang. Kegunaan jaringan komputer adalah sebagai berikut :

  1. Berbagi File, memungkinkan pengguna saling bertukar file melalui jaringan, baik file gambar, data, informasi, video dan lain lainnya.
  2. Application Sharing, memungkinkan pengguna saling berbagi aplikasi melalui jaringan.
  3. Hardware Sharing, berbagi perangkat lunak, seperti printer, sehingga dapat digunakan secara bersama sama.
  4. Client-Server Model, memungkinkan data untuk disimpan dalam server dan dapat diakses oleh user atau pengguna dari berbagai tempat.
  5. Voice Over IP (VOIP), adalah pengiriman data suara melalui internet, sehingga dapat melakukan panggilan suara melalui internet
  6. Komunikasi, saling berbagi informasi dengan menyertakan teks, video mapun suara
  7. E-commerce, melakukan jual beli, atau bisnis melalui internet
  8. Gaming, pengguna dapat bermain secara multiple player dan bermain secara bersama sama.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi dapat didefinisikan sebagai bentuk pengaturan node-node dan link (penghubung), jadi mereka dapat diatur dan ditata dengan bentuk yang berbeda sehingga menghasil outcome yang berbeda juga. Berikut ini beberapa topologi jaringan komputer :

  1. Bus Topologi, Setiap node terhubung dengan satu koneksi ke jalur jaringan, sehingga dalam mengirim data hanya bisa dilakukan secara satu arah.
  2. Ring Topologi, Setiap node terhubung dengan 2 node, sehingga pengiriman data dapat berlangsung secara dua arah.
  3. Star Topologi, Node Server pusat yang terhubung dengan banyak node klein jaringan. Topologi jaringan ini lebih baik dan lebih reliable dibanding dengan dua topologi di atas.
  4. Mesh Topologi, Node jaringan terhubungkan dengan banyak node seperti membuat sebuah jaring dimana setiap node terhubung dengan semua node dalam sebuah jaringan.

Untuk lebih lanjut mengenai topologi jaringan maka dapat mempelajari artikel mengenai cara mengidentifikasi jaringan komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.