Menambahkan Cloud Storage Di Iphone

Aplikasi Files App bawaan IOS dari hari kehari semakin baik. Sejak pertama kali diperkenalkan pada update di IOS 11 telah mengalami perbaikan kecil terus menerus yang signifikan. Update tersebut dilakukan tiap kali IOS mengalami perbaikan. Saat ini para pengguna IOS dapat mengelola file media dan dokumen dari beberapa cloud storage dalam satu tempat atau aplikasi.

Perlu anda ketahui bahwa hampir semua penyedia layanan file hosting dapat di koneksikan dengan aplikasi bawaan ini. Awalnya hanya beberapa penyedia yang dapat di koneksikan, seperti dropbox, google storage, tapi setelah IOS melakukan update di versi 13 maka banyak layanan yang bisa tersedia dan terkoneksikan dengan Files App bawaan IOS ini. Namun perlu diperhatikan bahwa layanan mediafire sampai saat ini belum dapat di koneksikan.

Dalam tutorial kali ini ada 4 langkah yang harus dilakukan agar kita dapat mengelola file di cloud storage kita dalam satu aplikasi. Langkah-langkah tersebut adalah ;

  1. Menginstal aplikasi bawaan dari layanan penyimpanan cloud anda
  2. Menambahkan hak akses ke Files App
  3. Login kedalam layanan penyedia penyimpanan cloud anda
  4. Kelola file media dan dokumen dalam aplikasi Files anda

Tahap 1, Install aplikasi bawaan
Perlu di ketahui, Apple tidak memberikan faslitas sign in ke aplikasi cloud pihak ketiga di IOS nya. Untuk itu kita harus login secara manual ke layanan kita melalui aplikasi bawaan. Nah, hal tersebut berda dengan saat kita menambahkan akun email kedalam i-device kita, jadi kita perlu menginstall aplikasi bawaan dari cloud kita. Berikut ini daftar aplikasi penyedia layanan hosting file yang mendukung login kje aplikasi file:
1. Amazon Drive
2. Box
3. Google Drive
4. Dropbox
5. Microsoft One Drive
6. Mega
7. Adobe Creative Cloud
8. Baidu Cloud
9. Boxcryptor
10. Citrix Files
11. Documents by Readell
12. IBI
13. Own Cloud
14. Tresorit
15. Sugarsync

Silahkan install aplikasi bawaan masing masing di iphone anda, dan silahkan login.

Tahap 2, Tambahkan Hak Akses ke Aplikasi Files
Buka aplikasi Files anda kemudian tap di menu “browse”, setelahnya kita akan melihat ada bagian yang bernama lokasi. Nah jika tidak ketemu kemungkinan anda di Tab “recent”, tap sekali lagi untuk masuk ke Tab “browse”. Setelah anda selesai menginstall aplikasi pihak ketiga, maka akan melihat “More Location” di bawah list lokasi yang tersedia.

image : gadgethacks

Setelah men tap more location maka selanjutnya adalah tekan menu (…), selanjutnya akan muncul menu yang berisi tombol “cancel”, “edit”, “Connect to server”, dan “Scan Document”. Tekan tombol Edit dan masukan semua layanan penyedia hosting file milik anda.

Tahap 3 Login Kedalam Penyedia Layanan Anda
Tahap berikutnya adalah login kedalam aplikasi yang sudah anda instal tadi. Caranya adalah tinggal Tap atau sentuh aplikasi di daftar lokasi tadi, jika belum login maka otomatis akan menampilkan menu sign in atau login untuk aplikasi tersebut, jika sudah maka akan kelihatan file file apa saja yang didukung oleh applikasi bawaan tersebut.

Tahap 4 Kelola File anda
Dengan terkoneksinya layanan penyedia file hosting ke aplikasi File dan sudah login, maka kamu dapat mengelola semua file media dan dokumen yang ada dalam akun anda. Tentu saja ada beberapa kondisi dalam pengelolaan file, ada yang “read Only” ada juga yang bisa baca, tulis dan hapus. Jadi semuanya tergantung dari apa yang tersedia dalam layanan anda.

Nah itu tadi caranya menambahkan layanan file hosting cloud ke applikasi bawaan IOS. Dengan demikian anda mengelola file media dan dokumen dalam satu aplikasi, jadi tidak repotkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.