Bagaimana Membuat Video Pembukaan Yang Baik Dan Benar?

bagaimana membuat video pembukaan
Bagaimana membuat video pembukaan

Bingung dengan bagaimana membuat video pembukaan? Bagi kalian yang pertama kali ingin membuat video pembukaan yang baik dan terkesan bukan pemula, maka kalian harus mencoba beberapa hal dibawah ini. terkadang video tersebut dibutuhkan saat kalian mendapatkan tugas sekolah atau kuliah.

Perlu kalian ketahui pembukaan sebuah video atau intro merupakan senjata kalian untuk menarik perhatian dari penonton kita. Banyak dari viewer kita memutuskan untuk melanjutkan menonton atau tidak setelah melihat intro video yang kita buat. Untuk itu intro yang baik harus bener bener memukau dan wow.

Selain kalian temui saat kuliah atau membuat tugas sekolah, namun tidak dapat dipungkiri bahwa video pembukaan dapat juga kalian temui lagi saat kalian harus bekerja di perusahaan dan membuat sebuah presentasi pekerjaan di layar dengan format video. Jika kalian tidak terbiasa maka hasil yang kalian dapatkan juga tidak sebaik mereka yang telah terbiasa. Maka dari itu perhatikan hal – hal berikut ini;

Bagaimana membuat video pembukaan yang baik dan benar?

  1. Siapkan naskah

Kalian harus melakukan coretan di naskah sebagai bentuk perwujudan skenario. Langkah pertama dalam membuat video pembukaan tersebut adalah naskah yang berisi catatan mendetail apa saja yang perlu kita tampilkan nantinya. Coretan dalam naskah dapat berupa biodata singkat kalian, seperti nama, kemudian identitas diri, kepentingan kalian di dalam video untuk apa harus disebutkan juga alur cerita dari video pembuka tersebut.

2. Hafalkan naskah

Karena ini merupakan pembuatan video, maka kalian harus menghafalkan naskah yang telah kalian buat. Hal tersebut agar Ketika kalian menyampaikan maksud kalian membuat video maka akan kelihatan natural. Jika kalian menyampaikannya dengan membaca naskah tersebut maka kalian akan terlihat kaku, dan hal tersebut sangat tidak dianjurkan.

3. Latihan depan kaca

Jika telah membuat naskah dan menghafalnya, kalian harus mempraktekkannya di depan kaca. Terlihat aneh memang, akan tetapi hal ini merupakah cara efektif agar kalian lebih luwes di dalam video nanti. Perbaiki cara kalian duduk dan mimic wajah yang akan kalian tampilkan. Cobalah untuk se rileks mungkin agar kalimat yang kalian sampaikan mengalir. Ulangi berkali kali sampai kalian rasakan cukup lancer dan bagus hasilnya.

4. Persiapkan kamera

 Kemudian jika diri kalian telah siap, Langkah berikutnya kalian perlu menyiapkan kamera dengan posisi yang sejajar dengan posisi kalian duduk atau posisi berdiri, tergantung dari keinginan kalian masing masing. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah, sehingga kalian mendapatkan posisi yang pas dan komposisi yang seimbang, baik dari atas atau bawah serta dari kanan kiri layar. Lihat juga pencahayaan pada kamera, tempatkan cahaya sebaik mungkin dengan tidak gelap ataupun tidak terlalu terang dan jangan sampai ada bayangan yang terlihat atau tertangkap kamera.  Jika memungkinkan gunakan cahaya dari lampu secaa tidak langsung.

5. Background yang baik

Background sangat berpengaruh dengan keindahan sebuah video. Jika kalian menggunakan sembarang background latar dibelakang kalian, maka keindahan yang dimiliki berkurang. Jika tidak terdapat background yang bagus, kalian bisa memberikan kain hijau agar nantinya dapat diedit dengan tampilan green screen. Dengan tampilan green screen maka kalian dapat berkreasi dengan tema latar belakang yang sesuai dengan tema video kalian.

6. Edit video

Kalian perlu mengedit video dengan menambahkan teks tentang apa yang kalian ucapkan di dalam video dan itu membutuhkan laptop atau pc yang mumpuni untuk editing video, kalain dapat menyimak rekomendasi laptop untuk editing video disini. Terkadang banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas apa yang dibicarakan dalam video, untuk itu perlu kita tambahkan subtitle. Kalianpun dapat menambahkan musik jika perlu.

Itulah cara bagaimana membuat video pembukaan yang baik dan benar. Jika kita melakukannya dengan bersungguh-sungguh dan penuh dengan semangat maka akan menghasilkan tampilan yang bagus. Kerja keras tidak akan menghianati hasil, bukan? Tetap semangat dan jangan mudah menyerah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *