Tutorial Dasar Menggunakan Power Director

Power Director sebagai salah satu editor yang mumpuni yang mempunyai versi mobilenya, menjadi pilihan bagi vlogger untuk mengedit videonya sebelum di unggah ke youtube. Namun beberapa pengguna, khususnya pemula mengalami kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini. Dalam artikel kali ini kami akan menyajikan tutorial dasar penggunaan power director untuk mengedit video.

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang harus di persiapkan. Yang harus ada dalam tutorial kali ini adalah, pertama Power director yang terinstall dalam HP anda, Kedua, adalah Video yang akan kita edit.

Secara garis besar tutorial ini terdiri dari tiga langkah yaitu :

  1. Import Video, Kemampuan dasar
  2. Editing Video
  3. Sharing ke Akun Youtube atau sosial media

1. Tutorial Dasar Import Video

Aplikasi ini memberikan fungsi dasar untuk melakukan impor video. Ada fitur tambahan pada power direktur yaitu para pengguna dapat mencapture audio maupun video dari device anda dan otomatis diimpor ketika selesai. Jadi semacam fitur rekaman video audio built in bawaan aplikasi.

Sedangkan untuk audio, para pengguna dapat menggunakan rekaman audio bawaan power director di time line video, jadi dapat berfungsi sebagai dubbing, untuk mengisi audio dari video yang sudah direkam.

Fungsi impor video ini meliputi impor dari penyimpanan lokal dan juga penyimpanan online. Ruang penyimpanan online yang didukung adalah google drive.

Impor Power Director

2. Editing Video

Setelah proses impor video selesai, maka tahap berikutnya adalah editing video, nah tahap ini merupakan tahap yang paling menyenangkan. Karena para pengguna dapat berkreasi sesuai dengan imajinasi masing masing. Perlu di ketahui bahwa untuk versi gratis power direktor menyediakan 1 track video dan 2 track video jika upgrade ke versi premium.

Di versi gratis ini maka akan ada watermark aplikasi dan hanya di versi premium saja para pengguna dapat menghasilkan video 4K. Pada tahapan ini para pengguna dapat menambah subtitle, menambahkan musik yang sesuai dengan video.

Selain menambahkan musik dan subtitle, pengguna power director dapat juga melakukan modifikasi atau editing terhadap video yang ada. Ada beberapa tools yang tersedia didalamnya termasuk melakukan editing terhadap warna video.

3. Share ke Social Media

Ketika project editing video sudah selesai anda kerjakan, maka sekarang saatnya mengunggah ke akun media sosial anda. Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi ini adalah bisa share langsung ke Youtube atau facebook.

Namun Jika tidak ingin mengunggahnya, cukup simpan di penyimpanan lokal. Besok di kemudian hari bisa dibagikan ke kerabat atau teman kita.

Nah itu tadi tutorial dasar mengedi video dengan menggunakan power director di smartphone android. Semoga dapat berguna bagi kita semua.

One thought on “Tutorial Dasar Menggunakan Power Director

Leave a Reply

Your email address will not be published.