Menyelamatkan Data Pada Notebook Yang Tidak Bisa Booting

menyelamatkan data
Menyelamatkan Data

Laptop kita mengalami hang dan gagal booting sehingga data yang anda miliki tidak bisa diakses? Tenang saja ada kali ini kita akan membahas upaya upaya untuk menyelamatkan data. Strategi dan skenario yang kita bahas akan kita bagi menjadi dua bagian pertama kita membutuhkan aplikasi atau software yang harus kita install. Kedua kita akan mengopreknya pada tingkatan hardware. Namun kedua opsi tersebut tetap membutuhkan eksternal drive untuk memindahkan data yang ada di notebook yang hang dan tidak bisa booting.

Kunci penyelesaian masalah ini adalah ketenangan dan kesabaran. Jika kita panik maka hal yang paling buruk dapat menimpa kita yaitu hilangnya data pada komputer atau laptop kita.

Persiapkan Perlengkapan dan Bahan untuk Menyelematkan Data

Sebelum menyelamatkan data pada hardisk laptop atau komputer yangtidak bisa booting, ada beberapa yang perlu kita siapakan yaitu :

identifikasi bahan bahan yang dibutuhkan

  1. Laptop atau PC yang masih berfungsi dengan baik
  2. Hardisk Eksternal, untuk memindahkan data
  3. USB bootbale, bisa linux bisa windows
  4. Casing Hardisk eksternal sesuai dengan ukuran dan jenis hardisk yang mau kita selamatkan datanya
  5. Waktu Luang
  6. tentu saja, cemilan dan secangkir kopi (opsional), kopinya bisa di ganti dengan es teh atau minuman lainnya sesuai selera.

Booting Dengan Menggunakan USB Drive

Cara pertama yang kita gunakan untuk mengambil data yang ada di hardisk yang tidak terbaca oleh laptop atau komputer karena tidak bisa booting adalah dengan melakukan booting menggunakan media eksternal. Media eksternal tersebut bisa berupa CD, DVD ataupun USB. Tentu saja ada syarat tertentu yang harus dipenuhi agar komputer atau laptop dapat booting dengan bantuan eksternal drive, yaitu kondisi hardware lainnya masih baik saja dan powernya masih dapat berjalan.

Sebelum memulai pertama tama kita harus menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Kita pastikan bahwa kita mempunyai bootable USB yang sudah OS didalamnya, kemudian laptop atau PC yang terhubung dengan power listrik.

berikut ini caranya untuk melakukan pemindahan data dari PC/Komputer lama ke eksternal hardisk :

  1. Pastikan perangkat komputer / laptop terhubung dengan power listrik
  2. Pastikan eksternal Harddisk dan USB terhubung dengan PC atau latop
  3. Nyalakan PC atau laptop kemudia tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS ayau System Utilitis, dan ataur agar dapat booting dari USB drive
  4. setelah masuk ke system, tinggal kopi paste semua data yang ada pada komputer atau laptop ke eksternal Harddisk yang tersedia.

Nah untuk beberapa Laptop atau PC membutuhkan pengaturan lebih agar dapat melakukan booting dari USB drive.

Mengakses Harddisk di Komputer Lain

JIka cara pertama tidak berhasil dan tidak memungkinkan, maka cara kedua berikut ini dapat kita eksekusi. Tentu saja peralatan yang disediakan harus memadai. Pertama pastikan kita mempunyai alat untuk membongkar pasang body laptop kita. Laptop yang berjalan normal untuk mengopi data, case hardisk eksternal.

Berikut ini caranya memindahkan data dari PC atau laptop yang tidak bisa booting dengan menggunakan hardisk eksternal ;

  1. Bongkar laptop yang tidak bisa booting, ambil hardisknya
  2. Pasang hardisk tersebut kedalam case hardisk eksternal
  3. Sambungkan case eksternal yang sudah terpasang harddisk ke PC atau laptop lainnya
  4. Kopi paste semua data yang ingin diselamatkan

Nah itu adalah 2 cara untuk menyelamatkan data yang ada pada PC atau laptop yang tidak bisa booting. Semoga dapat membatu para reader semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *