Mengenal Teknologi​ Smart Home Tahun 2020

smart home
Smart Home

Konsep Smart Home

Konsep smart home atau rumah pintar merupakan penggabungan tehnologi pintar dengan kenyamanan dan keamanan. Banyak benefit dan keuntungan tinggal dirumah ini. Dengan rumah pintar maka anda dapat menikmati kegembiraan saat liburan.

Konfigurasi rumah pintar merupakan gabungan dari TV “pintar” , Smart plug and play Amazon, lampu dengan sensor gerak, smart hub TP-Link , speaker Amazon Echo, pemutar streaming Roku, dan speaker yang terhubung dengan Google Mini. Tiga perangkat terakhir merupakan konfigurasi untuk melengkapi sisi hiburan dalam rumah pintar ini. Beberapa gadget terkini juga dapat ditambahkan yaitu bel pintu, termostat dan smart vacum cleaner. Kesemua perangkat tadi saling terhubung dan dapat dikontrol jarak jauh.

Tentu saja, daftar gadget diatas bukanlah saran untuk dibeli saat Itu bukan penjualan Hari belanja nasional, melainkan beberapa gadget yang dapat dikonfigurasikan sebagai pendukung smart home. Bagi anda yang baru pindah rumah maka ada baiknya mempertimbangkan perancangan rumah pintar yang ada dan menambahkan aspek keamanan. Aspek keamanan ini harus dapat di akses dari smartphone. Dengan demikian maka aspek kenyamanan, keamanan dan kesenangan dapat di penuhi dari rumah tempat tinggal.

Sebelum kita bedah lebih lanjut fitur fitur rumah pintar, maka ada baiknya kita lihat kelebihan dan kekurangannya. Pertama soal kelebihan dengan konfigurasi yang tepat maka, rasa aman, nyaman dan menyengkan akan meningkat di banding rumah konvesional lainnya. Sedangkan dari sisi kekurangan adalah ketika semua produk tidak dapat online dan terjadi mallfungsi maka anda harus mengkonfigurasi ulang. Sedangkan dilihat dari sisi harga, rumah pintar memerlukan jumlah uang yang cukup besar.

Tiga Fitur Andalan

Fitur Andalan pertama adalah Lampu: Dengan menggunakan colokan pintar dan Alexa anda dapat mengatur lampu dengan voice command, atau perintah suara seperti untuk mengatakan “lampu menyala” di sore hari untuk menyalakan lampu dan “lampu mati” di pagi hari untuk mematikannya. Di apartemen atau rumah yang bertingkat anda dapat mengontrol lampu untuk mati atau menyala dengan menggunakan alexa.

Fitur keud adalah Keamanan: dengan menggunakan kamera keamanan, anda dapat memonitoring apa yang terjadi di rumah anda, terutama ketika anda berpergian jauh. Anda dapat melmonitoringnya melalu smartphone anda. Tentu saja untuk dapat mencapai setiap sudut rumah, kita memerlukan banyak kamera. anda juga dapat menambahkan kamera untuk memonitoring keadaan diluar rumah, sehingga anda tahu siapa yang datang ke rumah anda, atau sekedar mengantar kiriman. Hal lainny adalah anda dapat mengetahui kondisi hewan peliharan anda saat anda di rumah, bahkan anda juga dapat menambhakan smart feeding untuk memberikan makan ke hewan piaraan saat anda tidak ada dirumah.

Fitur ketiga atau yang terakhir adalah Game: Anda dapat bermain “Jeopardy” dan berbagai game trivia musik dengan Alexa. Mereka menyenangkan, dan saya belajar sedikit dalam prosesnya. Singkatnya, rumah pintar membuat penghuninya merasa lebih aman, menghemat waktu untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Leave a Reply