Komputer Lambat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Komputer menjadi lemot dan lambat sekali untuk dipakai bekerja. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna guna membantu mempercepat komputer. Perlu digarisbawahi bahwa artikel ini hanya membahas problem komputer yang lambat secara umum. JIka anda ingin mengetahui dan menangulangi notebook yang lambat, maka dapat di baca disini.

Reboot

Salah satu cara untuk mengatasi komputer yang mulai lambat adalah dengan melakukan reeboot. Jika komputer Anda belum di-boot ulang maka pastikan untuk melakukan boot ulang sebelum mengikuti langkah langkah selanjutnya. Mem-boot ulang komputer dapat memperbaiki banyak masalah dan merupakan langkah pertama yang mudah. Setelah reeboot dan jika dirasa masih berjalan dengan lambat maka anda dapat melakukan langkah langkah berikutnya yang dibahas di bawah.

Mematikan Program latar belakang

Program yang berjalan di latar belakang dapat menghabiskan sumberdaya yang ada, baik memory maupun prosesor. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan paling umum untuk komputer berkinerja lambat . Untuk melihat program apa yang berjalan di latar belakang dan berapa banyak memori dan CPU yang mereka gunakan, buka Task Manager. Jika Anda menjalankan Windows 7 atau lebih tinggi, jalankan Resmon untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sumber daya komputer Anda digunakan.

Jika Anda memiliki pemindai antivirus di komputer, program perlindungan spyware, atau utilitas keamanan lainnya, pastikan tidak memindai komputer Anda di latar belakang. Jika pemindaian sedang berlangsung, itu akan menurunkan kinerja komputer Anda secara keseluruhan. Jika demikian, biarkan pemindaian selesai, dan kinerja komputer akan meningkat.

Hapus File Temp

Pada saat kita menjalankan sebuah aplikasi atau program maka aplikasi tersebut akan menyimpan file temporary pada hardisk. Nah terkadang file temporary ini tidak terhapus dan ukurannya menjadi sangat besar, sehingga dapat mengganggu kinerja komputer. Untuk itu untuk kita harus menghapus file tersebut. Untuk menghapusnya kita dapat menggunakan windows disk cleanup utility, Sayangnya penggunaan utilitas ini kadang tidak berhasil menghapus semua file temporary pada komputer kita.

Berikut ini cara menghapus file temporary di komputer kita secara manual agar dapat bersih dan dapat mempercepat kinerja komputer kita:

  1. Buka menu Start atau dan tekan tombol Windows, lalu ketik %temp% di kolom Search.
  2. Tekan Enter dan folder Temp akan terbuka.
  3. Anda dapat menghapus semua file yang ditemukan dalam folder ini dan, jika ada file yang sedang digunakan dan tidak dapat dihapus, file tersebut dapat dilewati.

Kosongkan Ruang Harddisk anda

Pastikan ruang hard disk kosong yang tersedia cukup besar. Ruang yang tersedia ini akan memungkinkan komputer memiliki memory file swap yang besar dan tempat untuk file sementara. Dengan adanya ruang kosong yang lega maka komputer akan lebih leluasa dalam bekerja, otomatis akan meningkatkan kinerja komputer.

Periksa Bad Sector Harddisk Anda

Periksa kesehatan tempat penyimpanan anda, terutama harddisk anda. Jangan sampai ada bad sector disana. Jika terjadi bad sector, maka akan mengakibatkan kerusakan file dan juga lambatnya kinerja komputer. Untuk memeriksanya, jika kalian menggunakan windows maka jalankan chkdsk atau scandisk. Jika kalian menggunakan macos maka kalian dapat menggunakan disk utility.

Scan Virus atau Malware

Lakukan pemindaian secara berkala terhadap komputer anda, baik untuk virus komputer maupun malware yang ada. Perlu diketahui Virus komputer atau malware dapat memperlambat komputer bahkan dapat membuat komputer rusak dan kita kehilangan data yang kita simpan pada komputer.

Upgrade Hardware Komputer Anda

Khusus PC dan beberapa jenis komputer dapat kita upgrade perangkat kerasnya untuk meningkatkan peformanya. Dalam hal ini yang paling mudah untuk dilakukan dan paling meningkat kecepatannya adalah mengganti harddisk dengan SSD (solid state disk) kemudian menambah memory.

Nah itu tadi adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi komputer yang mulai lambat performa nya. Semoga dapat membantu para pembaca untuk meningkatkan kecepatan komputer masing-masing.

1 thought on “Komputer Lambat, Bagaimana Cara Mengatasinya?”

Leave a Reply