Bagaimana Laptop atau Komputer Dapat Menyala

Bagaimana Laptop Nyala
Bagaimana Komputer/Laptop Menyala

Ketika kita menekan tombol On pada komputer untuk menyalakannya, maka akan ada serangkaian proses yang terjadi hingga komputer atau laptop tersebut siap untuk digunakan. Pada artikel kali ini kita akan menyimak bagaimana laptop menyala dan bagaimana proses serta hubungan hardware dan software dalam komputer kita.

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi, ada beberapa istilah yang perlu di pahami. Hal-hal tersebut adalah Motherboard, Flash Memory, Bios dan Boot Loader. Keempat istilah tersebut menjadi kunci bagi kita untuk dapat mengetahui lebih detil mengenai proses komputer atau laptop dapat hidup dan siap di operasikan..

Motherboard

Merupakan papan sirkuit utama yang di dalamnya terdapat berbagai komponen komputer yang diperlukan dan saling terhubung. Dapat dikatakan motherboad merupakan perangkat keras yang paling rumit bagi sebuah komputer, karena semua komponen lainnya terhubung dan diatur fungsinya melalui motherboard. Beberapa komponen yang melekat adalah USB Port,RAM, ROM, dan lain-lainnya.

Flash Memory

Flash Memory merupakan memory Non-Volatile, yang terbuat dari EEPROM (1 bit) hingga memory konvensional (1 bit). Saat ini hampir 25 milyar flash memory yang di butuhkan di dunia ini.

BIOS

BIOS merupakan program yang berjalan pertama kali pada saat komputer di nyalakan. Sedangkan kepanjangan dari BIOS adalah Basic Input/Output System. Pada BIOS ini semua device yang terhubung dengan motherboard akan di evaluasi oleh BIOS dan memelihara aliran data dari mother board ke device yang terhubung. Perlu diketahui, BIOS biasanya disediakan oleh perusahaan yang mengelaurkan motherboard.

Boot Loader

Boot Loader adalah program yang dipergunakan untuk mencari OS (operating System) dan memuatnya agar dapat berjalan.

Berikutnya adalah bagaimana komputer dapat berjalan. Tahapan tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah 1, Tekan tombol Power.
  2. Langkah 2, listrik mengaliri motherboard dan semua device yang terhubung
  3. Langkah 3, BIOS akan mengecek semua komponen yang terhubung dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik.
  4. Langkah 4, BIOS mengaktifkan Boat Loader
  5. Langkah 5, Boot Loader akan mencari OS yang ada pada komputer kita dan memuatnya sehingga komputer/laptop siap di pakai.

Jadi itulah adalah urut-urutan laptop atau komputer kita menyala sampai siap di pergunakan.

Leave a Reply