Categories: Keamanan

Empat Cara Untuk Mengamankan Akun Gmail Anda

Advertisement
gmail

Saat ini akun gmail atau akun google terintegrasi dengan smartphone anda. Sehingga anda akan merasa terganggu jika ada seseorang mengintip kedalam akun Gmail Anda, selanjutnya mereka bisa mencuri atau mengambil alih semua akun, baik social media maupun bank yang terhubung dengan alamat gmail anda. Untuk itu saatnya anda kunci sekarang.

Perlu anda ketahui bahwa informasi yang dapat diakses dengan menggunakan akun gmail anda adalah dari laporan bank hingga surat pribadi, dan bahkan permintaan setel ulang kata sandi, akun Gmail Anda menyimpan banyak informasi pribadi. Jika seseorang mengaksesnya, mereka secara efektif akan memiliki akses ke seluruh identitas online Anda. Untuk itu luangkan sedikit waktu untuk memperkuat akun gmail anda.

Pergunakan Password Yang Kuat

Kami mencurigai jika penggunaan pasword yang lemah dan mudah ditebak untuk beberapa akun yang anda miliki. Jika hal tersebut kita lakukan maka, tentu saja kesalah kitalah, hingga beberapa akun bisa di tembus oleh orang lain. Dengan menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa layanan ibarat mengundang pencuri masuk kerumah anda. karena dengan satu kebocoran atau pelanggaran di satu layanan, dan peretas akan mulai mencoba masuk ke semua akun Anda.

Advertisement

Saatnya untuk meningkatkan kombinasi kata sandi anda. Selalu pergunakan kata sandi yang unik, yang dibuat secara acak, untuk setiap akun online yang Anda miliki. Untuk mempermudah mengelola semua kata sandi maka dapat menggunakan aplikasi pengelola kata sandi. ada banyak pengelola kata sandi terbaik yang tersedia, baik gratis maupun berbayar, jadi anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan memutuskan mana yang akan digunakan.

Untuk mengubah pasword akun Google anda,silahkan kunjungi halaman keamanan akun Google dan klik Kata Sandi di bawah bagian Masuk ke Google. Verifikasi kata sandi Anda jika diminta, lalu masukkan kata sandi baru Anda. Silahkan diganti dengan kombinasi yang mudah anda ingat tetapi susah ditebak oleh orang lain.

Aktifkan verifikasi dua langkah Akun Google Anda

Penggunaan verifikasi dua langkah akan membantu anda mengamankan akun anda dari serangan dari orang orang yang tidak diinginkan. Jika tanpa verifikasi dua langkah, peretas hanya perlu kata sandi untuk mengakses seluruh akun Google Anda – termasuk YouTube, Gmail, dan Google Pay. Dan ingat, jika menggunakan kembali kata sandi yang sama untuk beberapa layanan, mereka bisa mendapatkannya dari pelanggaran data atau melalui penipuan phishing.

Advertisement

Aktivasi verifikasi dua langkah atau kadang-kadang disebut otentikasi dua faktor, maka peretas akan memerlukan kata sandi Anda dan kode sandi enam digit yang dihasilkan secara acak atau akses fisik ke ponsel Anda sebelum mereka dapat mengakses akun Anda. Nyalakan 2SV ( 2 Step Verification) atau verifikasi duan langkah dengan mengunjungi halaman keamanan akun Google Anda dan mengklik Verifikasi 2 Langkah.

2SV

Ikuti petunjuknya hingga Anda mencapai bagian pada tangkapan layar di atas. Sesampai di sana, putuskan apakah Anda ingin menerima peringatan push di aplikasi Gmail untuk menyetujui permintaan login (opsi default), atau jika Anda ingin menggunakan kode sandi acak. Menggunakan peringatan di aplikasi Gmail lebih mudah, tetapi itu berarti Anda harus selalu dekat dengan ponsel Anda. Anda juga akan membutuhkan koneksi untuk menyetujui peringatan tersebut.

Jika Anda memilih untuk menggunakan kode sandi, Anda dapat menerimanya melalui pesan teks atau mengaksesnya di pengelola kata sandi. Saya menggunakan manajer kata sandi untuk mengelola kode 2SV saya sehingga saya dapat mengakses kode pada perangkat apa pun, terlepas dari apakah saya memiliki koneksi data di ponsel saya.

Advertisement

Jika Anda memilih untuk menggunakan peringatan, klik Coba sekarang. Anda harus menerima peringatan di ponsel yang terdaftar di layar. Ikuti petunjuk lainnya untuk menyelesaikan pengaturan.

Namun, jika Anda ingin menggunakan kode sandi, klik pada Pilih opsi lain dan kemudian pesan teks atau panggilan suara.

Masukkan nomor telepon Anda, lalu masukkan kode untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah. Setelah memasukkan kode dan mengklik beberapa tombol lagi, 2SV akan dihidupkan.

Advertisement

Tapi, tunggu, Anda belum selesai. Meskipun 2SV melalui kode sandi lebih aman daripada tidak menggunakan 2SV sama sekali, saya sarankan menggunakan peringatan push jika memungkinkan. Hal tersebut perlu kalian perhatikan, karena penipuan melalui SIMCARD swap atau mengganti nomer simcard anda memlaui provider lebih umum dan memungkinkan peretas mengambil alih nomor telepon Anda dan menerima kode 2SV yang dimaksudkan untuk Anda.

Jika Anda harus mengandalkan kode sandi, luangkan beberapa menit ekstra dan siapkan aplikasi Authenticator untuk akun Google Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi Authenticator Google atau pengelola kata sandi. Klik Setel di bawah bagian aplikasi Authenticator dan kemudian pilih jenis ponsel yang Anda gunakan. Gunakan aplikasi pilihan Anda untuk memindai kode QR, lalu masukkan kode sandi yang dibuat oleh aplikasi Anda untuk memverifikasi semuanya sudah diatur dengan benar dan Anda selesai.

Periksa metode kontak cadangan Gmail Anda

Pada saat pertama kali membuat dan mengatur akun Gmail, Anda mungkin telah mengubah nomor telepon Anda, atau membuang akun email lama. Jadi, ada baiknya memeriksa kembali metode kontak cadangan Anda. Karena metode Inilah yang akan digunakan Google jika Anda dikunci dari akun untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik akun.

Advertisement

Kunjungi halaman ini dan cari bagian berjudul Cara kami dapat memverifikasi itu Anda. kemudian Klik pada setiap bagian – Telepon pemulihan, Email pemulihan dan pertanyaan Keamanan – dan perbarui dengan informasi terkini.

Sekali lagi, patikan jika informasi yang ada pada bagian ini kedaluwarsa anda menggantinya. Karena jika tidak, maka anda tidak dapat memulihkan akun anda saat terkunci.

Lihatlah Aktivitas akun Gmail Anda

Google akun, menyediakan Log, agar kita dapat melihat aktivitas yang terjadi pada akun gmail kita. Ada kemungkinan seorang peretas (atau mantan) mengakses akun Anda tanpa sepengetahuan Anda. Untuk itu anda dapat memeriksanya , denganjalan masuk ke akun Gmail Anda dan gulir ke bagian bawah halaman. Anda akan melihat baris yang mengatakan “Aktivitas akun terakhir …”

Advertisement

Untuk melihat informasi detil maka pada akhir baris itu, klik Detail untuk melihat kapan, bagaimana, dan di mana akun Anda digunakan. Jika anda menemukan hal hal yang mencurigakan adanya aktivitas yang tidak anda ketahui, maka hal yang dapat anda lakukan adalah klik tombol berlabel Keluar dari semua sesi web Gmail lainnya dan segera ubah kata sandi Anda.

Sekarang setelah Anda mengamankan akun Gmail Anda, luangkan beberapa menit lagi untuk mengunci akun aku lainnya seperti Amazon, akun Facebook dan akun Apple Anda.

Advertisement
Published by
tulisanit
Tags: gmail

Recent Posts

Novel Harry Potter Chapter 1 Ada Di Spotify

Salah satu new normal yang muncul akibat adanya covid 19 ini adalah hadirnya novel Harry…

2 weeks ago

Cara Penggunaan WA Chat Bot Covid19

website resmi penanganan covid19 di Indonesia Sejak Presiden Republik Indonesia resmi mengumumkan adanya pasien positif…

2 months ago

3 Langkah Mudah Membersihkan Smartphone Anda

membersihkan smartphone Saat ini hampir semua orang selalu membawa smartphone kemana mana, bahkan ketika anda…

3 months ago

Cara Membuat Handsanitiser Dengan Bahan Sekitar Kita

Saat ini sedang mewabah virus Covid-19 sehingga membuat banyak orang membeli masker dan handsanitiser. Beberapa…

3 months ago

Ipad Pro Smart Cover dengan Trackpad

ipad smart cover Apple mempunyai rencana untuk mengeluarkan ipad smart cover keyboard khusus ipad pro…

3 months ago

Bocoran Spek Smartphone Samsung S20

Samsung S20 Perkembangan smartphone semakin lama semakin cepat, jika dulu kita menunggu 1 tahun untuk…

4 months ago