Dampak Negative Digital Marketing di Era Modern

Dampak Negative Digital Marketing

Dampak negative digital marketing di Era Modern – Sebelum lebih jauh membahasa dampaknya, maka ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu digital marketing. Digital Marketing dapat didefinisikan sebagai teknik pemasaran dengan menfaatkan kanal atau chanel digital melalui internet.

Digital marketing sendiri memberikan banyak peluang bagi wirausahawaan untuk mengembangkan bisnisnya. Meskipun tidak semuanya dapat menyesuaikan bisnisnya di era digital distruption ini. Yang terpenting pada era sekarang adalah bagaimana perubahan secara digital ini tidak merusakk bisnis mereka.

Digital marketing sendiri merupakan salah satu perubahaan dari perkembangan dan penerapan teknologi informasi yang cukup masif di masyarakat. Tentu saja perkembangan ini di tunjang dengan semakin banyaknya masyarakat yang melek internet, Sehingga memudahkan para pelaku bisnis bertransformasi menjadi bisnis digital.

Dampak Negative Digital Marketing

Perlu digaris bawahi bahwa Bisnis digital dan Digital marketing mempunyai akar yang berbeda. Bisa saja digital marketing sebagai salah satu dari bisnis digital. Nah yang perlu menjadi perhatian adalah apa saja sih dampak negative dari pemanfaatan digital marketing

Digital Marketing dapat Memberikan Bahan pada para penjiplak. Dengan melakukan atau memanfaatkan digital marketing maka kita harus membuat bisnis kita dapat di telusuri diinternet. Dengan mudahnya akses ke bisnis kita melalui internet maka apa yang kita pajang disana dapat dilihat oleh banyak orang. Salah satunya adalah para penjiplak.

Digital marketing dapat menyita banyak waktu dibandingkan saat mengurus bisnis kita. Saat ini para pelaku pemasaran digital menghabiskan waktu lebih banyak di dunia internet, mulai mengurusi konten untuk video streaming, tema, produk knowledge maupun iklan. Tentusaja hal ini akan menyita waktu kita lebih banyak lagi.

Digital Marketing dapat menyebabkan sebuah bisnis ke area kejenuhan konten. Hal tersebut disebabkan karena Marakanya pemasaran digital, membuat konsumen menerima banyak media audio visual kedalam akun sosial media baik melalui smartphonenya atau layar komputer.

Digital Marketing dapat menghancurkan reputasi binis tertentu. Dengan adanya konten viral yang dapat di manfaatkan sebagai black campaign dari pesaingannya.

Usaha Untuk Menghindari Dampak Negatif Digital Marketing

Dampak negatif tetap saja kita terima sebagai efek samping dari praktik digital marketing. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir nya.

Pergunakan Jasa Konten Spesialis, dengan menggunakan jasa profesional khusus untuk mendesain kampanye atau konten digital kita. Maka kita dapat lebih fokus ke bisnis kita. Media yang di tampilkan akan lebih menarik bagi konsumer.

Buat Standar Operating Prosedur yang ramah konsumen dan sesuai dengan proses bisnis usaha kalian. Hal ini akan menjaga kalian tetap profesional dan dapat menghindari beberapa efek negatif dari digital marketing.

Pada Akhirnya tidak semua yang kita terima sesuai dengan yang kita harapkan. Seperti kata pepatah, jika kita menanam padi pasti menanam padi dan ada rumput yang tumbuh didalamnya, namun jika kita menanam rumput kita pasti tidak memanen padi. Nah seperti itu juga dalam dunia dgital marketing. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan untuk meminimalisir dampak negative dari digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.