Cara Pengisian MYSAPK BKN Agar Sukses Terupdate

Cara Pengisian MYSAPK BKN-Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara pengisian MYASPK BKN, maka ada baiknya kita bahas terlebih dahulu ruang lingkup tutorial cara pengisian myaspk BKN. Tutorial ini meliputi pengertian MYASPK, Siapa yang harus Mengisi MYSAPK, Langkah langkah pengisiannya dan permasalahan serta kendala yang mungkin muncul pada saat pengisian.

Apa Itu MYSAPK BKN?

MYSAPK BKN adalah sistem informasi yang di kembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk melayani dan mempermudah Aparatur Sipil Negara (ASN) guna melakukan update data secara mandiri dan dapat mereka dapat mengakses datanya. Layanan ini terintegrasi dengan layanan Taspen, BPJS serta notifikasi kenaikan pangkat.

Siapa Saja Yang Harus Mengisi MYSAPK BKN?

MYSAPK BKN didesain agar dapat memperbaiki dan memperbarui keakuratan data pegawai di semua lingkup Instansi dimanapun berada. Maka yang berkewajiban untuk mengisi MYSAPK BKN adalah semua kelompok PNS, CPNS, PPPK, PTT Non-ASN. Dengan demikian maka data kepegaian di Indonesia dapat ditingkatkan kualitasnya.

Langkah-Langkah Cara Pengisian MYSAPK BKN

Untuk dapat mengisi MYSAPK BKN maka pegawai harus dapat login terlebih dulu kedalam dashboard Myaspk.
Langkah-Langkah Login ke Mysapk :

login MYSAPK BKN
  1. Langkah pertama, masuk ke situs mysapk https://mysapk.bkn.go.id/
  2. Login menggunkan NIP dan Pasword anda
  3. Setelah sukses login, maka anda akan di redirek ke halaman dashboard. Pada Halaman dashboard anda akan menemukan dua menu yaitu Ubah Profil dan Pemutakhiran Data Mandiri.

Lihat Profil MYSAPK BKN

Dashboard MYSAPK BKN

Pada halaman profil MYSAPK merangkum semua informasi terkait ASN yang bersangkutan. Informasi ini meliputi foto pribadi, Data Utama, Posisi,  Jabatan,  Golongan,  Pendidikan,  Pribadi dan Keluarga. Silahkan di review, jika terdapat ketidak cocokan maka kalian dapat mengupdate melalui menu Pemutakhiran Data Mandiri.

Pemutakhiran Data Mandiri

Cara Pengisian MYSAPK BKN

Menu Pemutakhiran Data Mandiri terdiri dari 12 bagian. 12 bagian tersebut adalah Riwayat Ubah Profil, Riwayat Pangkat/Golongan, Riwayat Pendidikan, Riwiayat Jabatan, Riwayat Peninjauan Masa Kerja, Riwayat CPNS/PNS, Riwayat Diklat/Kursus, Riwayat Keluarga, Riwayat Peninjauan Masa Kerja, Riwayat SKP, Riwayat penghargaan, Riwayat Organisasi dan Riwayat CLTN (cuti di luar tanggungan negara).

Riwayat Ubah Profil

Untuk melengkapi data Ubah Profil, ada 3 informasi yang harus di isi, Pertama adalah Infromasi Utama, kedua adalah kontak Pribadi dan yang ketiga Informasi Pendukung.

Pada Informasi Utama kita dapat mengupload foto profil, foto yang diupload harus tampak muka dan setengah badan. Format file nya adalah JPG dengan besar file maksimal 500KB.

Pada bagian Kontak Pribadi di isi dengan no telepon, email atau semua data kontak yang dapat di isi. Pastikan data sudah di perbahurui kemudian simpan.

Pada bagian Informasi Pendukung, Anda dapat memperbarui data-data seperti Agama, Lokasi Kerja, Nomor Akta Lahir, Nomor NPWP, Tanggal NPWP, Nomor BPJS Kesehatan, Nomor Karis/Karsu, Nomor TASPEN, tanggal TASPEN, Nomor TAPERA, dan KPPN. Pada pengisian data KPPN harus sesuai dengan referensi yang tersedia. Jika Anda telah selesai mengisi data-data yang Anda ingin perbarui selanjutnya klik Simpan.

Riwayat Pangkat/Golongan

Pada bagian Riwayat Pangkat/Golongan, anda dapat melihat riwayat kepangkat anda. Jika terdapat data yang tidak sesuai maka dapat di ubah. jika ada data yang tidak sesuai maka silahakn di ubah, dengan masuk ke menu ubah data. setelah selesai maka tekan tombol lanjutkan untuk menuju proses upload dokumen pendukung.

Jika sudah selesai terupload maka akan tercentang hijau. Langkah berikut nya adalah tinggal centang ceck box,  Anda menyatakan dengan sadar seluruh data yang Anda isikan adalah benar. Kemudian klik submit, jika sukses maka ada notifikasi kalau sudah selesai.

Riwayat Pendidikan

Pada Bagian Riwayat Pendidikan, Anda dapat memperbaiki atau menambahkan Riwayat Pendidikan Anda. Anda dapat menambahkan Riwayat Pendidikan hanya jika sudah memiliki SK Pencantuman Gelar dari Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara.

Pada saat mau melanjutkan ke upload dokumen maka untuk pendidikan pertama pada isian MYSAPK BKN ini di centang jika pendidikan yang di tambahakan atau di ubah sesuai dengan pendidikan pada saat menjadi CPNS.

Riwiayat Jabatan

Pada bagian riwayat jabatan, anda dapat melihat data historis jabatan yang pernah anda duduki. Jika ada informasi yang kurang atau salah atau belum masuk maka dapat di tambahkan. Setelah melakukan perubahan maka tinggal upload dokumen dan submit/kirim.

Riwayat Diklat/Kursus

Pada bagian ini, tambahkan diklat atau kursus terakhir yang pernah di ikuti, Jangan lupa isi semua informasinya dan upload dokumennya.

Riwayat Keluarga

Pada bagaian riwayat keluarga ada tiga hal yang harus diisi. Pertama adalah orang tua, kedua adalah pasangan suami / istri dan yang ketiga adalah anak.

Riwayat SKP

Pada Bagian ini anda dapat melihat informasi mengenai riwayat penilaian kinerja anda. Pada bagian ini bisa saja terdapat 2 SKP atau 1 SKP, Bagi CPNS maka bisa jadi tidak terdapat SKP didalamnya. Tinggal tambahakan SKP kemudian upload dokumennya dan selesaikan.

Riwayat Peninjauan Masa Kerja

Pada Bagian Riwayat Peninjauan Masa Kerja, anda dapat melihat informasi terkait dengan masa kerja anda. Jika Anda tidak memiliki Peninjauan Masa Kerja atau data yang ditampilkan pada halaman ini sudah sesuai maka Anda dapat klik tombol Saya tidak ada data PMK (lingkaran hijau).

Riwayat penghargaan

Pada bagian riwayat penghargaan jika anda tidak mempunyai penghargaan maka tinggal klik tombol saya tidak memiliki data. kemudian tinggal ikuti dan selesai. Namun jika anda ingin menambahkan data baru, maka tinggal tambahakan, isi sesuai dengan dokumen dan upload dokumennya.

Riwayat Organisasi

Pada bagian riwayat organisasi berisi informasi atau data roganisasi yang pernah anda ikuti. Jika ada adat yang belummasuk maka dapat kalian tambahkan dan upload dokumen pendukungnya.

Riwayat CLTN

Pada bagian riwayat CLTN (cuti diluar tanggunan negara), jika anda tidak pernah cuti, maka bisa langsung menyetujui kalau data tersebut adalah benar. Kemudian klik submit maka akan ada notifikasi kalau proses ini selesai.

Kendala dan Cara Mengatasi saat mengisi MYSAPK BKN

Beberapa kendala yang mungkin kita temui pada saat pengisian MYSAPK BKN, antara lain :

  1. Halaman Tidak terload secara penuh ; Seiring dengan proses pemutakhiran adata mandiri yang di lakukan secara bersama sama oleh hampir seluruh PNS, CPNS dan pegawai lainnya, maka sering kita temui halaman MYSAPK yang tidak terload secara sempurna. Hal tersebut di tandai dengan tidak munculnya foto profil (jika foto profil sudah terupload). Atau tidak munculnya warna merah atau Hijau pada halaman PDM. Tanda lainnya adalah, tidak ada progres bar terhadap proses pemutakhiran data mandiri yang sudah kita lakukan. Untuk mengatasi, reload atau refresh halaman tadi, atau silahkan gati koneksi internet anda.
  2. File PDF tidak dapat diupload; kemungkinan besar penyebab file pdf tidak dapat di upload adalah karena ukuran file terlalu besar. Maka untuk mengatasinya kita dapat memperkecil ukuran file dengan mengkompressnya.

Penutup

Pengisian dan pemutakhiran data ASN, baink PNS dan Non-PNS diharapkan mampu meningkatkan kualitas database sumberdaya manusia di lingkup kepegawaian, baik pusat maupun daerah.
Beberapa cara yang disampaikan pada tutorial ini disarikan dari pengalaman pribadi penulis dan berbagai sumber yang ada. Semoga dapat membantu kawan kawan semua untuk melengkapi Pemutakhiran data mandiri ini. Salam Sukses dan Sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.