8 Bahasa Pemrograman bagi Pengembangan Aplikasi

8 bahasa pemrograman yang di pakai untuk mengembangakan aplikasi mobile untuk smartphone. Perlu kita ketahui saat ini populasi smartphone sebesar 3,5 milyar dan itu merupakan separuh dari populasi manusia di muka bumi ini yaitu 7,8 milyar orang. Dari jumlah smart phone saja dapat dibayangkan berapa besar potensi belajar bahasa pemrograman untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Begitu juga prospek pengembangan alat untuk desain nya.

Pengembangan Mobile Apps

Merujuk pada statistik yang ada, rata rata ada 40 aplikasi yang diinstall pada sebuah smartphone. Secara total saat ini ada sekitar 2,2 juta jenis aplikasi yang tersedia di App Store, google play atau di tempat lainnya. Bisa anda bayangkan betapa menggiurkannya kue mobile apps ini kedepannya, dan tentu saja masih terus berkembang. Jadi tidak ada salahnya jika kalian bercita cita untuk menjadi programer atau apps developer.

Jenis Aplikasi Mobile

Ada tiga jenis aplikasi yang dikembangkan untuk smartphone. Mereka adalah Native, Hybrid dan web apps aplication. Pertama tipe native adalah aplikasi mobile yang dikembangkan khusus untuk satu platform tertentu. Semisal dikembangkan untuk platform IOS, Android atau windows mobile. dengan dikembangkan khusus untuk satu platform, maka aplikasi ini mempunyai keunggulan di bandingkan dengan aplikasi lainnya. Keunggulan tersebut dapat berupa pengembang user eksperience yang lebih baik. Biasanya dapat dioperasikan lebih cepat dan lebih intuitive.

Kedua, Tipe web apps, adalah aplikasi web yang didesain dengan responsive ketika di buka di berbagai macam platform dan ukuran device atau gadget. Jadi dengan mengembangkan web apps maka kita dapat menyasar banyak pengguna diberbagai platform dan jenis gadget.

Ketiga, adalah tipe Hybrid, aplikasi terakhir ini dapat di instal seperti layaknya aplikasi native, tetapi juga dapat berjalan dengan pada webbrowser. meskipun tidak secepat dan sereliabel aplikasi native, namun aplikasi ini mempunyai keuunggulan dibandingkan dengan tipe lainnya yaitu kalian cukup mengembangkan dan memelihara satu aplikasi untuk semua platform.

Nah dari ketiga tipe aplikasi mobile, masing masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. Namun yang jelas untuk mengembangkan atau membuatnya kalian harus menguasai bahasa pemrograman. Nah setelah ini kita akan membahas 8 bahasa pemrograman yang paling top digunakan untuk pengembangan aplikasi mobil pada saat ini

8 Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak di Gunakan

Agar kalian dapat membuat aplikasi mobile dan dapat bersaing dalam mendapatkan pekerjaan, selain kalian harus menguasai dan meningkatkan skill kalian, maka kalian bisa menambah kompentensi dengan mengusai atau memahami salah satu 8 bahasa pemrograman berikut ini

JavaScripts

Salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah di belajari. Java Scripts banyak di gunakan dibeberapa sektor dan aplikasi. Pada awal perkembangan handphone, maka Javascripts merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

JavaScripts merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, juga merupakan bahasa pemrograman interpreted (interpreted langugae) dimana kode pemrogramannya dapat di interpretasi, di baca dan diajalankan oleh bahasa pemrograman yang berorientasi obyek dan dan bahasa pemrograman fungsional.

Framework JavaScripts ini dapat berjalan diberbagai jenis platform, seperti web based, IOS, Android maupun windwos. Sehingga banyak developer yang menyukai bahasa ini.

Scala

Jika JavaScripts merupakahan bahasa pemrograman yang sudah mapan dan terkenal maka Scala merupakan pendatang baru dibidang ini. Sebagai pendatang baru yang diklaim sebagai pengganti java, Scala mempunyai tampilan modern dan merupakan bahasa pemrograman multipurpose.

Kotlin

Banyak developer yang memposisikan Kotlin sebagai Java dalam versi advanced. Dengan semua kemudahan pemrograman java maka Kotlin mampu memperbaiki kelemahan pada bahasa pemrograman Java.

Dengan karakter yang ringkas, jelas, bahasa ini ditulis secara statistik. Cara kerjanya sama dengan bahasa java, akan tetepai mempunyai fitur dan keunggulan yang lebih baik dibanding kan dengan Java. Yang membuatnya menarik adalah bahasa ini banyak (hampir semua) mendukung berbagai macam IDES.

Java

Bahasa Java dapat di katakan sebagai bahasa paling populer dan paling disukai oleh para pengembang aplikasi mobile. Meski saat ini secara keseluruhan dalam dunia programing sudah digeser oleh Phyton. Perlu diketahui Java adalah Bahasa resmi yang digunakan untuk mengembangakan Android.

Kalian tentu tahu bahwa Java merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan orientasi umum yang berbasis Kelas, Berorientasi Obyek dan dirancang untuk mempunyai dependesi implementasi sesedikit mungkin.

PHP

Sebagai bahasa pemrograman yang dikembangkan secara open source. PHP merupakan salah satu favorit bahasa pengembangan aplikasi mobile yang memerlukan koneksi ke database. Tidak hanya karena dikemabngkan secara opensource tetapi kemudahan untuk dipelajari bagi pemula, maka PHP merupakan salah satu pilihan ketika mulai belajar pemograman.

PHP banyak digunakan untuk mengembangkan website dengan kompleksitas yang cukup tinggi dan dapat menangani database dalam jumlah yang banyak. Hal ini menjadi alasan bagi developer untuk mempelajari.

Phyton

Phyton sebagai salah satu bahasa pemrograman yang cukup banyak di pakai pada akhir akhir ini, mempunyai banyak kegunaan di berbagai bidang. Para pengembang atau pemakainya menggunakan Phyton untuk beragam aplikasi. Menurut pemakainya, alasan utama menggunakan bahasa ini adalah karena kemudahan untuk di pelajari, Sederhana, mudah di baca, bisa rumit tapi tidak terlalu rumit.

Sebagai bahasa pemrograman yang banyak di ajarkan kepada siswa siswa maupun mahasiswa, maka Phyton dengan segala kemudahaan dan multigunanya, telah menjadi bahasa yang di gunakan untuk mengembangkan aplikasi aplikasiyang terkenal, salah satunya Youtube.

C#

Bahasa pemrograman C-shaft merupakan bahasa pemrograman umum yang cepat dan mudah digunakan. Sebagai bahasa pemrograma lintas platform windows dan pengembangan aplikasi selular. Bahasa ini juga didukung oleh Unity3D yang menjadikannya sebagai alat pengembang Game yang handal.

C++

Banyak pengembang yang beranggapan bahwa C++ merupakan pilihan utama dalam pengembangan aplikasi seluler. Bahasa ini juga digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi native android. Tentu saja hal ini semakin mantab karena didukung oleh pustaka atau library yang lengkap.

Banyak sektor yang menggunakan C++ untuk membangun aplikasinya, seperti sektor keuangan, Perbankan, manufaktur serta digunakan untuk mengembangkan aplikasi lintas platform

Delapan / 8 bahasa pemrograman di atas merupakakan alternatif pilihan yang dapat dipilih ketika anda mulai belajar bahasa pemrograman untuk aplikasi mobile. Tentu saja kalian dapat memulainya dengan memilih salah satu nya. Selamat mencoba dan terus belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published.